Efektivitas Email Profesional dalam Pengembangan Bisnis Online

Pada era yang serba digital kini, pola hidup masyarakat menjadi kian instan dalam banyak hal. Mulai dari pencarian informasi, sarana komunikasi, transaksi perbankan, hingga e-commerce menjadi beberapa contoh kemudahan yang dapat diakses hanya dari sebuah ponsel pintar. Kecepatan persebaran informasi dan perkembangan peralatan teknologi ini berlangsung hampir di semua lini kehidupan, salah satunya adalah bisnis dan ekonomi. Kondisi demikian sering dilirik dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, baik yang berbasis online maupun offline. Untuk menarik minat pelanggan, para pebisnis dituntut untuk terus berinovasi dan berlomba-lomba mencekoki calon pelanggannya dengan berbagai tawaran menarik, mulai dari membuat banyak promosi dan membuat produk baru yang sebenarnya bukan persoalan mudah di tengah persaingan yang begitu ketat.

(Gambar: www.docomgroup.com)
Dalam pembuatan produk baru, salah satu hal paling mendasar bagi eksistensinya sangat ditentukan oleh nama sebagai merk atau brand yang dipilih. Memilih nama sebagai brand pula buka perkara yang mudah. Nama yang harus dipilih biasanya bersifat unik, menarik, sederhana, dan tidak terlalu panjang. Keempat hal ini biasanya akan membuat klien lebih mudah mengingat brand tersebut dan akan mudah dikenal masyarakat luas. Di sisi lain, nama juga terkadang memiliki faktor x yang secara tidak langsung sangat jitu untuk menggait pelanggan. Apabila sebuah bisnis dikembangkan berbasis online, maka sudah dapat dipastikan faktor brand akan sangat penting terutama sebagai logo website dan domain website itu sendiri. Ekstensi domain yang paling dikenal di seluruh dunia saat ini adalah .com, namun akan lebih baik jika tetap memperhatikan dan menyesuaikan dengan nama brand yang dipilih.

Selain nama, fitur yang mutakhir menjadi salah satu komponen penting dari sebuah bisnis ataupun produk usaha. Dari sekian banyak fitur yang disediakan oleh para pelaku bisnis, sayangnya terdapat sebuah fitur yang nilainya sangat tinggi dan sentral namun sangat sering diabaikan. Fitur tersebut adalah layanan pelanggan. Layanan pelanggan yang dimaksud adalah kecepatan serta kemudahan pelanggan berinteraksi dengan customer service untuk mengajukan pertanyaan ataupun komplain terkait produk, layanan, atau kendala yang sedang dihadapi pelanggan. Keteledoran ini sering membuat pelanggan memberikan penilaian negatif terhadap sebuah platform bisnis. Tidak jarang juga pelanggan memberikan penilaian tersebut justru di ruang publik (seperti media sosial) sehingga sangat mempengaruhi tumbuh kembang suatu bisnis.

Pebisnis dengan modal besar terkadang hanya memperhatikan kuantitas dari jumlah fitur layanan pelanggan, tanpa memperhatikan efektivitas dan efisiensi layanannya tersebut. Terlepas dari jumlah komplain dan customer service yang mungkin tidak sebanding, celah inilah yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para kompetitor. Kekurangan ini sejatinya menjadi keuntungan untuk para kompetitor maupun usaha kecil agar mampu setidaknya bersaing untuk memperoleh keuntungan. Dengan memanfaatkan jaringan populer media sosial, sebenarnya pelanggan sudah mampu melakukan komunikasi dengan baik, selama responnya tetap baik, sopan, jelas, dan tidak membuat pelanggan menunggu lama.

Salah satu layanan pelanggan lainnya yang cukup populer dan mampu mempengaruhi perhatian pelanggan yakni surel alias surat elektronik atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan email. Meskipun terkesan sangat formal, tapi dari sinilah akan terlihat pentingnya penggunaan email profesional sebagai sebuah layanan untuk memudahkan pelanggan. Banyak bisnis online yang belum menggunakan domainnya sendiri untuk alamat email usahanya, padahal apabila hal tersebut dilakukan akan sangat mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk mencoba jasa atau produk yang sedang ditawarkan. Ada beberapa keunggulan apabila sebuah usaha menggunakan email profesional yakni:
  1. Keamanan data lebih terjamin, dibandingkan dengan menggunakan email dari pihak ketiga.
  2. Terdapat banyak variasi username yang dapat dipilih (misalnya jika situs ini dijadikan situs bisnis, maka email layanan pelanggannya akan menjadi seperti berikut: cs@mangbuda.web.id, contact@mangbuda.web.id, admin@mangbuda.web.id, dll).
  3. Memudahkan komunikasi antarteman kerja maupun pelanggan.
  4. Memudahkan jalinan kerja sama dengan perusahaan atau bisnis lainnya.
  5. Memudahkan pelanggan dalam mengingat alamat email, karena pelanggan hanya perlu mengingat username dari email tersebut.
  6. Menjadi tanda keseriusan dalam membangun bisnis.
  7. Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis, serta masih banyak lagi keunggulan yang lainnya.
Untuk memiliki email profesional ini, para pemilik usaha online dituntut untuk memiliki domain dan hosting terlebih dahulu, atau jika layanan bisnisnya cukup besar dapat menggunakan Google Suite atau Flockmail. Tentu akan lebih baik juga jika diimbangi dengan website bisnis itu sendiri. 

Sekian informasi pada blog kali ini, semoga kita senantiasa dilimpahkan rezeki oleh beliau melalui bisnis atau usaha kita sehari-hari. Apabila terdapat kritik dan saran, silahkan tuliskan di kolom komentar, demi perkembangan blog ini menjadi semakin baik ke depannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efektivitas Email Profesional dalam Pengembangan Bisnis Online"

Post a Comment