Pada
era yang serba digital kini, pola hidup masyarakat menjadi kian instan dalam
banyak hal. Mulai dari pencarian informasi, sarana komunikasi, transaksi
perbankan, hingga e-commerce menjadi
beberapa contoh kemudahan yang dapat diakses hanya dari sebuah ponsel pintar. Kecepatan
persebaran informasi dan perkembangan peralatan teknologi ini berlangsung
hampir di semua lini kehidupan, salah satunya adalah bisnis dan ekonomi.
Kondisi demikian sering dilirik dan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, baik
yang berbasis online maupun offline. Untuk menarik minat pelanggan, para
pebisnis dituntut untuk terus berinovasi dan berlomba-lomba mencekoki calon
pelanggannya dengan berbagai tawaran menarik, mulai dari membuat banyak promosi
dan membuat produk baru yang sebenarnya bukan persoalan mudah di tengah
persaingan yang begitu ketat.
![]() |
(Gambar: www.docomgroup.com) |
Dalam
pembuatan produk baru, salah satu hal paling mendasar bagi eksistensinya sangat ditentukan oleh nama sebagai merk atau
brand yang dipilih. Memilih nama sebagai brand pula buka perkara yang mudah. Nama
yang harus dipilih biasanya bersifat unik, menarik, sederhana, dan tidak
terlalu panjang. Keempat hal ini biasanya akan membuat klien lebih mudah
mengingat brand tersebut dan akan
mudah dikenal masyarakat luas. Di sisi lain, nama juga terkadang memiliki
faktor x yang secara tidak langsung sangat jitu untuk menggait pelanggan.
Apabila sebuah bisnis dikembangkan berbasis online, maka sudah dapat dipastikan
faktor brand akan sangat penting
terutama sebagai logo website dan
domain website itu sendiri. Ekstensi
domain yang paling dikenal di seluruh dunia saat ini adalah .com, namun akan
lebih baik jika tetap memperhatikan dan menyesuaikan dengan nama brand yang dipilih.
Selain
nama, fitur yang mutakhir menjadi salah satu komponen penting dari sebuah
bisnis ataupun produk usaha. Dari sekian banyak fitur yang disediakan oleh para
pelaku bisnis, sayangnya terdapat sebuah fitur yang nilainya sangat tinggi dan
sentral namun sangat sering diabaikan. Fitur tersebut adalah layanan pelanggan.
Layanan pelanggan yang dimaksud adalah kecepatan serta kemudahan pelanggan berinteraksi
dengan customer service untuk
mengajukan pertanyaan ataupun komplain terkait produk, layanan, atau kendala
yang sedang dihadapi pelanggan. Keteledoran ini sering membuat pelanggan
memberikan penilaian negatif terhadap sebuah platform bisnis. Tidak jarang juga
pelanggan memberikan penilaian tersebut justru di ruang publik (seperti media
sosial) sehingga sangat mempengaruhi tumbuh kembang suatu bisnis.
Pebisnis
dengan modal besar terkadang hanya memperhatikan kuantitas dari jumlah fitur
layanan pelanggan, tanpa memperhatikan efektivitas dan efisiensi layanannya
tersebut. Terlepas dari jumlah komplain dan customer
service yang mungkin tidak sebanding, celah inilah yang seharusnya dapat
dimanfaatkan oleh para kompetitor. Kekurangan ini sejatinya menjadi keuntungan
untuk para kompetitor maupun usaha kecil agar mampu setidaknya bersaing untuk
memperoleh keuntungan. Dengan memanfaatkan jaringan populer media sosial,
sebenarnya pelanggan sudah mampu melakukan komunikasi dengan baik, selama
responnya tetap baik, sopan, jelas, dan tidak membuat pelanggan menunggu lama.
Salah
satu layanan pelanggan lainnya yang cukup populer dan mampu mempengaruhi
perhatian pelanggan yakni surel alias surat elektronik atau yang lebih sering
dikenal dengan sebutan email. Meskipun
terkesan sangat formal, tapi dari sinilah akan terlihat pentingnya penggunaan email
profesional sebagai sebuah layanan untuk memudahkan pelanggan. Banyak bisnis
online yang belum menggunakan domainnya sendiri untuk alamat email usahanya,
padahal apabila hal tersebut dilakukan akan sangat mampu meningkatkan
kepercayaan pelanggan untuk mencoba jasa atau produk yang sedang ditawarkan.
Ada beberapa keunggulan apabila sebuah usaha menggunakan email profesional
yakni:
- Keamanan data lebih terjamin, dibandingkan dengan menggunakan email dari pihak ketiga.
- Terdapat banyak variasi username yang dapat dipilih (misalnya jika situs ini dijadikan situs bisnis, maka email layanan pelanggannya akan menjadi seperti berikut: cs@mangbuda.web.id, contact@mangbuda.web.id, admin@mangbuda.web.id, dll).
- Memudahkan komunikasi antarteman kerja maupun pelanggan.
- Memudahkan jalinan kerja sama dengan perusahaan atau bisnis lainnya.
- Memudahkan pelanggan dalam mengingat alamat email, karena pelanggan hanya perlu mengingat username dari email tersebut.
- Menjadi tanda keseriusan dalam membangun bisnis.
- Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu bisnis, serta masih banyak lagi keunggulan yang lainnya.
Untuk
memiliki email profesional ini, para pemilik usaha online dituntut untuk
memiliki domain dan hosting terlebih dahulu, atau jika layanan bisnisnya cukup
besar dapat menggunakan Google Suite atau
Flockmail. Tentu akan lebih baik juga
jika diimbangi dengan website bisnis itu sendiri.
Sekian
informasi pada blog kali ini, semoga kita senantiasa dilimpahkan rezeki oleh
beliau melalui bisnis atau usaha kita sehari-hari. Apabila terdapat kritik dan
saran, silahkan tuliskan di kolom komentar, demi perkembangan blog ini menjadi
semakin baik ke depannya.
0 Response to "Efektivitas Email Profesional dalam Pengembangan Bisnis Online"
Post a Comment